REMBUK STUNTING AWALI PENYUSUNAN RKPDes 2024

Administrator 08 Juli 2023 20:38:06 WIB

Bendorejo - Trenggalek, Mengawali penyusunan RKPDes 2024 Pemerintah Desa Bendorejo menyelenggarakan Rembuk Stunting dalam rangka menjalankan amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa untuk pencegahan dan penanganan stunting yang merupakan salah satu prioritas penggunaan dana desa. Dalam Rembuk Stunting yang diselenggarakan pada Jum'at (16/06/2023) bertempat di Balai Desa Bendorejo ini membahas tentang kegiatan konvergensi penanganan stunting dan komitmen desa dalam rangka kegiatan penanganan stunting dalam RKPDesa tahun berikutnya. 

Peserta rembuk stunting yang hadir hari ini adalah Kepala Desa beserta Aparat Pemdes, BPD, Tim Perencana Kegiatan, TP PKK Desa, KPMD, Kader Posyandu, Puskesmas, BKTM, Babinsa, Pendamping Desa/Kabupaten, Kelompok Perempuan dan Forum Anak Desa. Dalam sambutannya Kepala Desa Bendorejo, Imam Kusaeni menyampaikan bahwa pencegahan dan penanganan stunting merupakan tanggung jawab kita bersama dan dukungan dari berbagai pihak dan dilakukan secara bersama-sama. Menurut data dari KPMDesa bahwa terdapat 6 orang balita yang mengalami stunting. Beliau beriharap pada Tahun 2024 Desa Bendorejo sudah bebas dari stunting.

Hadir sebagai Narasumber Rembuk Stunting, Ibu Asti dari Puskesmas Pogalan. Ibu Asti memberikan arahan dan metode/cara bagaimana mencegah dan menangani stunting dari segi kesehatan. Menurutnya sangat penting memberikan pemahaman kepada anak dan remaja juga ibu hamil untuk mengkonsumsi menu seimbang terutama yang mengandung banyak protein. Disarankan kepada Kader Posyandu untuk memberikan PMT Balita dari olahan bahan-bahan lokal yang ada di desa.

Dalam musyawarah tersebut dihasilkan kesepakatan / usulan bahwa pencegahan stunting dimulai dari :

  1. Pemenuhan Gizi pada anak dan remaja melalui Gerakan/Sosiallisasi Gemar makan Ikan dan sumber Protein lainnya
  2. Pemberian TTD pada remaja
  3. Pendampingan pada Catin
  4. Pemantauan dan Pendampingan Bumil
  5. Ketersediaan Anggaran bagi Keluarga /Kelompok Rentan 

Semua usulan dicatat dalam notulen dan berita acara yang ditandatangani Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Hadir pula dalam rembuk stunting tersebut Pendamping KPM Kabupaten, Bpk Sofa. Selain memberikan arahan tentang administrasi konvergensi stunting, beliau juga membagikan Biscuit untuk Balita dan Ibu Hamil untuk 9 Posyandu yang ada di desa Bendorejo.

Komentar atas REMBUK STUNTING AWALI PENYUSUNAN RKPDes 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bendorejo

tampilkan dalam peta lebih besar