BUMDESMA POGALAN SELENGGARAKAN MAD TUTUP BUKU TAHUN 2023

Administrator 08 April 2024 11:39:16 WIB

Bendorejo - Trenggalek, BUMDesma adalah kepanjangan dari BUM Desa Bersama. BUM Desa Bersama merupakan gabungan dari dua atau lebih desa yang sama-sama membangun BUM Desa. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021. Di Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek telah berdiri BUMDesma " Pogalan Rahayu "  yang dibentuk sejak Tahun 2009 dan saat ini telah menerima dana BLM baik dari APBN maupun APBD sebesar Rp. 6.350.000.000. Dana tersebut tersalurkan kepada masyarakat dan digunakan untuk membiayai sejumlah kegiatan seperti kegiatan sarana/prasarana,  kegiatan pendidikan, kegiatan simpan pinjam (SPP), BOP UPK dan BOP TPK. Dana BUMDesma yang dipergunakan untuk membiayai kegiatan sarpras yaitu sebesar 60 %, kegiatan pendidikan sebesar 18 % dan kegiatan SPP sebesar 17 %. 

Pada hari Sabtu (06/04/2024) BUMDesma " Pogalan Rahayu " menyelenggarakan Musyawarah Antar Desa (MAD) dalam rangka Tutup Buku BUMDesma Tahun 2023. Musyawarah tersebut  dihadiri oleh Camat Pogalan, Kepala Desa se-Kecamatan Pogalan, Dewan Pengawas BUMDesma dan Tokoh Perempuan Desa. Bertempat di Rumah Makan Lodho Ayam Pak Yusuf Kedunglurah, musyawarah antar desa ini dipimpin oleh Ketua BUMDesma Kecamatan Pogalan, Eric Dwi Rahmawan. Disampaikan oleh Eric bahwa kegiatan utama BUMDesma " Pogalan Rahayu " adalah Simpan Pinjam. Jumlah modal awal dana SPP adalah sebesar Rp. 1.086.500 dan sampai dengan akhir Desember 2023 menjadi sejumlah Rp. 1.678.403.749, dengan kenaikan sebesar 54%. " Kami harapkan kerjasama Bapak Kepala Desa dan Tokoh Perempuan se-Kecamatan Pogalan dalam rangka mengembangkan usaha BUMDesma ini. Keterlibatan Kelompok-Kelompok Perempuan di desa dalam BUMDesma diharapkan lebih maksimal lagi sehingga bagi hasil antara BUMDesma dengan Pemerintah Desa dapat lebih meningkat lagi. Masalah tunggakan-tunggakan yang ada di masing-masing desa semoga dapat segera diselesaikan dengan baik " ujarnya.

Perlu diketahui bahwa simpan pinjam yang dikelola oleh BUMDesma Kecamatan Pogalan adalah UNIT SIMPAN PINJAM PEREMPUAN. Diharapkan dengan simpan pinjam yang tanpa memberikan barang jaminan tersebut dapat mengatasi kesulitan warga perempuan yang memerlukan modal usaha. Musyawarah Antar Desa yang dimulai pukul 16.00 WIB tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif. 

 

Admin Web, Hst....

 

 

Komentar atas BUMDESMA POGALAN SELENGGARAKAN MAD TUTUP BUKU TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bendorejo

tampilkan dalam peta lebih besar