WASPADA DBD, MARI BERSAMA SAMA LAKUKAN PENCEGAHAN

Administrator 29 Mei 2024 21:53:26 WIB

Bendorejo – Trenggalek, Dalam rangka memutus rantai penularan penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) maka pada hari Rabu (22/05/2024) dan Rabu (29/05/2024) dilaksanakan kegiatan Fogging di wilayah RT. 29 RW.13 dan RT.31 RW. 13 serta SDN V Dusun Tenggong Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Tujuan dari fogging tersebut untuk membunuh nyamuk dewasa (Nyamuk Aedes Aegypti) penyebab penyakit DBD. Disamping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar resiko penyakit DBD menurun.

Disampaikan oleh Dian Ernawati Pendamping Kegiatan Fogging dari Puskesmas Pogalan “ Bahwa fogging bukanlah solusi utama dalam pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD). Masyarakat perlu terlibat aktif dalam pencegahan DBD dengan cara bersama-sama melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah masing-masing. Melalui gerakan 3M yang meliputi menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat penampungan air dan memanfaatkan barang bekas agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk “.

“Keterlibatan aktif masyarakat sangat penting dalam memutus rantai penyebaran Demam Berdarah. Fogging hanya efectif sebagai tindakan responsive terhadap kasus DBD yang sudah terjadi, bukan sebagai tindakan preventif “ tambahnya.

 Yang harus dilakukan oleh warga sebelum  dilaksanakan kegiatan fogging adalah :

  1. Menutup rapat makanan dan minuman
  2. Hewan / Burung peliharaan harap dikeluarkan dari rumah
  3. Penghuni rumah keluar semua pada saat akan dilakukan fogging di rumahnya
  4. Pintu rumah dan pintu kamar untuk dibuka sedangkan pintu jendela rumah untuk ditutup

 

Hadir dalam kegiatan fogging pada hari ini adalah Tim Fogging dari Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Tim Pendamping dari Puskesmas Pogalan, Sekretaris Desa Bendorejo, Kepala Dusun Tenggong dan Pelaksana Kegiatan Desa Siaga

Lebih lanjut disampaikan oleh Sekretaris Desa Bendorejo bahwa Kesehatan Publik adalah tanggungjawab bersama dan setiap tindakan preventif akan memberikan dampak positif dalam upaya pengendalian DBD di desa. “ Dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan, diharapkan jumlah kasus DBD dapat ditekan “ ujarnya.

 

 Admin Web, Hst..

Komentar atas WASPADA DBD, MARI BERSAMA SAMA LAKUKAN PENCEGAHAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bendorejo

tampilkan dalam peta lebih besar