PERINGATI HARI ANAK NASIONAL, FOKAT SELENGGARAKAN SAI TAHUN 2024

Administrator 24 Juni 2024 20:11:42 WIB

Bendorejo-Trenggalek, menindaklanjuti Webinar Suara Anak Indonesia (SIA) tahun 2024 dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang diadakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, maka perlu dilaksanakan penyampaian representasi aspirasi, kebutuhan, keinginan bahkan kekhawatiran anak di Kabupaten Trenggalek terkait isu pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Trenggalaek melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Suara Anak Indonesia yang dikemas dalam “ Ngobrol 3.0”

Kegiatan Penyusunan SIA tersebut diselenggarakan pada hari Minggu (23/06/2024) bertempat di Rumah Perempuan (Kompleks Pendopo Manggala Praja Nugraha) Trenggalek dan  dihadiri oleh Dinsos P3A Kabupaten Trenggalek,Pendamping Forum Anak Desa serta perwakilan Forum Anak Desa. se-Kabupaten Trenggalek. Hadir sebagai pemandu kegiatan : Pendamping, Fasilitator dan Anggota Forum Komunikasi Anak Trenggalek (FOKAT).

Penyusunan Suara Anak Indonesia dibuka oleh Pendamping FOKAT, Ratri Purwaningsih,S.Psi “ Melalui kegiatan ini anak-anak diberikan kesempatan untuk menyampaikan usulan-usulan, pendapat, gagasan dan harapan mereka terkait berbagai isu yang sedang marak dilingkungan anak-anak saat ini. Seperti kejadian-kejadian yang mereka alami sehari-hari, yang menyangkut pendidikan, kesehatan dan perlindungan anak “ ujarnya.

Penyusunan Suara Anak Indonesia dibagi dalam beberapa klaster, antara lain :

  1. Klaster Hak Sipil dan Kebebasan
  2. Klaster Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif
  3. Klaster Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan
  4. Klaster Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya
  5. Klaster Perlindungan Khusus

 

Anak-anak dibagi dalam beberapa kelompok sesuai klaster yang telah ditentukan dan didampingi oleh fasilitator dari Forum Komunikasi Anak Trenggalek (FOKAT) untuk membantu proses diskusi yang kemudian dipresentasikan dalam pleno.

Kegiatan  diskusi  yang  dipimpin oleh Ulan Ayuditia Putri Setiawan ( Pimpinan Diskusi 1), Aura Negra Talisa ( Pimpinan Diskusi II ) dan  Hanna  Azalia  Nuha ( Sekretaris ) berhasil menetapkan Suara Anak Indonesia Tahun 2024 tingkat Kabupaten sebagai berikut :

  1. Kami minta kepada Pemerintah untuk memberikan ruang berpendapat bagi anak-anak agar dapat menyalurkan ide dan aspirasi mereka.
  2. Kami mengharap kepada Pemerintah untuk memberikan hak Partisipasi melalui pembentukan Forum Anak Daerah secara merata.
  3. Kami momohon kepada Pemerintah untuk mengoptimalkan regulasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak.
  4. Kami memohon kepada Pemerintah untuk memberikan pelatihan kepada orang tua/wali/pengasuh pengganti agar mereka menjadi Orang Tua Hebat.
  5. Kami memohon kepada Pemerintah untuk mewujudkan Pesantren Ramah Anak.
  6. Kami memohon kepada Pemerintah untuk penambahan armada Bus Sekolah.
  7. Kami memohon kepada Pemerintah untuk memberikan Sanitasi dan Air Bersih yang layak bagi keluarga.
  8. Kami memohon kepada Pemerintah untuk mengoptimalkan Pencegahan Stunting melalui pemberian edukasi pada orang tua.
  9. Kami memohon kepada Pemerintah untuk memberikan Fasilitas Kebudayaan yang Ramah Anak untuk mengembangkan kreatifitas.
  10. Kami meminta kepada Pemerintah untuk memberikan biaya pendidikan pada teman kami yang kurang mampu serta memfasilitasi Anak Tidak Sekolah (ATS) untuk kembali ke sekolah dan kami memohon kepada Pemerintah untuk menertibkan dan menidaktegas sekolah yang melakukan pungli.
  11. Kami mohon kepada Pemerintah untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) tepat sasaran.
  12. Kami memohon kepada Pemerintah untuk menindaktegas Pelaku Kekerasan Seksual.
  13. Kami memohon kepada Pemerintah untuk melakukan edukasi pencegahan LGBT kepada anak sejak dini.
  14. Kami memohon kepada Pemerintah untuk mengoptimalkan regulasi tentang jual beli rokok dan miras pada anak.
  15. Kami memohon kepada Pemerintah untuk menertibkan tempat-tempat yang beresiko menyebabkan seks bebas seperti : Kos-kosan, Hotel, Tempat Karaoke dll.

 

Disampaikan oleh Ketua FOKAT, Aura Negra Talisa “ Terimakasih banyak kepada semua yang hadir pada hari ini, kami dari panitia sangat bahagia jika teman-teman dan para pendamping Forum Anak Desa merasa puas dan senang dengan kegiatan FOKAT hari ini. Dan kami sangat berharap teman-teman dan pendamping FAD tetap semangat mengikuti kegiatan seperti ini lagi. Kami juga mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam bertutur kata dan berperilaku” pungkasnya.

 

Dari Anak…

Untuk Anak…

Wujudkan Kabupaten TRENGGALEK LAYAK ANAK

Senin, 24 Juni 2024                                                              Admin Web, Hst…

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bendorejo

tampilkan dalam peta lebih besar